Artikel

Arti Halal

Dewasa ini banyak diskusi ihwal apakah makanan ini dan itu halal atau tidak. Bagi seseorang yang memilih makanan halal berdasarkan agama dan budaya, kepastian itu sangat penting.

Diskusi halal tak jauh dari restoran, layanan pesan antar, kafe, dan cemilan.Tim media Brimingham Mail mencoba menjabarkan apa itu makanan halal? Apa bedanya dari makanan lainya?

Apa arti halal?

Halal berarti ‘diperbolehkan’ dalam bahasa Arab. Kata itu menggambarkan apapun yang diperbolehkan berdasarkan hukum Islam.

Meski paling sering digunakan untuk menggambarkan makanan dan minuman, halal bisa merujuk pada objek atau aktivitas. Kemudian, Islam menyebut hal yang tak diizinkan sebagai haram.

Apa makanan dan minuman yang tidak dibolehkan?

Alquran melarang umat Islam mengkonsumsi daging babi, darah, dan bangkai. Pun kitab suci umat Islam itu juga melarang Muslim memakan hewan yang meninggal akibat dicekik, dipukuli, atau jatuh. Selain itu, Islam melarang umatnya memakan hewan yang dikorbankan di altar.

Daging binatang harus disembelih atas nama Allah SWT. Sehinga, hewan yang dibunuh tanpa menyebut nama Allah SWT, haram dikonsumsi.

Hal yang memabukkan, seperti alkohol juga tidak diperbolehkan. Selain itu, kosmetik, obat-obatan, dan produk kesehatan juga harus bebas dari zat terlarang.

Apa tanaman dan hewan boleh dimakan umat Islam?

Umat Muslim bisa memakan tanaman, buah, sayuran, dan biji-bijian yang tak mengandung zat beracun atau narkotika. Burung apapun bisa dimakan, kecuali burung pemangsa dan bangkai burung. Namun, makhluk terbang lainnya, seperti kelelawar, tidak bisa dimakan.

Hewan halal dipebolehkan, seperti, sapi, domba, kambing, unta, rusa, antelop, dan kelinci. Kendati Islam tak melarang konsumsi kuda, bagal, atau keledai, tetapi memakan hewan-hewan itu menyinggung pemeluk keyakinan lain.

Muslim tidak diijinkan makan daging binatang bertaring atau bergading. Muslim bisa mengkonsumsi hewan laut bersisik. Semua makhluk laut yang akan dikonsumsi, harus dalam keadaan hidup saat diambil dari air.

Umat Islam tidak diperkenankan makan reptil. Pun mereka dilarang makan serangga, kecuali belalang.

Apa yang membuat ayam halal berbeda dengan ayam lainnya?

Muslim diizinkan makan ayam, selama dibunuh menggunakan metode Islam. Muslim biasanya menyebut nama Allah SWT dan menyiapkan pisau tajam untuk memotong leher ayam. Setelah tenggorokan dipotong, darah dibiarkan mengalir.

Muslim tidak diperbolehkan mengkonsumsi darah, pankreas, kandung empedu, kandung kemih, atau organ reproduksi binatang.

Apakah makanan halal lebih sehat?

Menyiapkan makanan menggunakan metode halal dikatakan lebih sehat. Karena darah yang terkuras dari tubuh hewan mengandung bakteri dan racun berbahaya. Daging itu terasa lebih enak, lebih empuk, dan segar lebih lama.

Artikel itu menulis, Muslim mengklaim penolakan terhadap daging babi bukan karena takut terinfeksi cacing parasit. Tidak ada penelitian ilmiah yang dilakukan mengenai efek diet halal terhadap kesehatan manusia.

Adakah keadaan, umat Islam bisa makan makanan yang dilarang?

Ya, jika tidak ada makanan halal yang tersedia. Seorang Muslim diperbolehkan makan makanan tak halal untuk mencegah kematian. Namun, tindakan itu harus benar-benar dalam kondisi terpaksa.

Jadi apa artinya halal?

Kosher atau halal adalah istilah yang digunakan dalam hukum makanan Yahudi yang dikenal sebagai Kashrut. Makanan yang bisa dimakan menurut undang-undang ini disebut halal.

Banyak orang menganggap itu hanya persamaan Yahudi dan Islam tentang halal, tetapi itu tak sama persis. Kesamaannya, kedua agama itu tidak membiarkan pemeluknya memakan daging babi.

sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *