Berita Informasi

DIES NATALIS KE-65 PENMAS UPI : “BEM KEMA PENMAS FIP UPI MENYELENGGARAKAN PROGRAM SOCIAL PROJECT DI PKBM ASH-SHODDIQ”

PKBM Ash-Shoddiq, Babakan Bandung, Lembang, Bandung Barat, (Jum’at, 01 Oktober 2021). BEM KEMA Penmas FIP UPI berkolaborasi dengan Laboratorium Penmas dan PKBM Ash-Shoddiq (mitra Lab Penmas UPI) menyelenggarakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-65 Departemen Pendidikan Masyarakat FIP UPI yakni Social Project. Acara ini diselenggarakan di salah satu mitra binaan Laboratorium Penmas yakni di Gedung PKBM Ash-Shoddiq yang beralamat di Kampung Babakan Bandung RT 01/RW 10 Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Pembukaan acara Social Project ini dihadiri oleh aparat Pemerintah setempat yakni Ketua RW 10 Desa Pagerwangi Bapak Acu Arifin, Sekretaris PKBM Ash-Shoddiq Syahidin Nurshoffat, S.Pd, dan perwakilan dari Laboratorium Penmas UPI Dadang Yunus Lutfiansyah, M.Pd selaku Sekretaris Laboratorium.
Menurut Ketua BEM KEMA Penmas, Saudari Annisa mengatakan bahwa “Program Sosial Project ini merupakan salah satu bagian dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM KEMA Penmas dalam acara Dies Natalis Pendidikan Masyarakat yang ke-65”. Dalam sosial project ini, terdapat Open Donasi berupa uang dan buku dari mahasiswa (penmas/mahasiswa lain/umum). Lebih lanjut, Annisa mengatakan bahwa “hasil donasi yang berupa uang dan buku ini akan disumbangkan ke PKBM terkait, baik berupa uang dan beberapa barang kebutuhan tambahan yang dibutuhkan oleh pihak PKBM. PKBM yang kami pilih untuk pelaksanaan sosial project kami yakni PKBM Ash-Shoddiq. Rangkaian kegiatan yang kami jalankan selama sosial project diantaranya berdo’a bersama, penyerahan uang dari open donasi dan buku bacaan serta beberapa barang kebutuhan lainnya, menghias tempat sampah/membuat handcraft, mengedukasi anak-anak di PKBM terkait pentingnya 3M dimasa pandemi, sharing, games dan berbagai kegiatan lainnya.

Sedangkan dari Pemerintahan setempat yakni Ketua RW 10 Bapak Acu Arifin menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan sumbangsih mahasiswa Pendidikan Masyarakat UPI yang telah memiliki Yayasan dan PKBM Ash-Shoddiq untuk menyalurkan bantuan yang telah diterima, semoga menjadi amal sholeh dan kebaikan bagi para donatur”. Dari pihak PKBM Ash-Shoddiq diwakili oleh Bapak Syahidin S.Pd, menyampaikan “rasa terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang satu korp dengan saya, karena sayapun alumni Penmas UPI, semoga jalinan kemitraan Departemen/Laboratorium Penmas dengan PKBM ASh-Shoddiq semakin terjalin erat dengan berbagai program yang bermanfaat untuk masyarakat Babakan Bandung khususnya dan umumnya bagi Masyarakat Indonesia”.
Sambutan perwakilan dari Laboratorium Penmas disampaikan oleh Bapak Dadang Yunus, M.Pd selaku sekretaris Laboratorium, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Social Project yang diselenggarakan oleh BEM KEMA Penmas ini sebagai media untuk membangun kepedulian sosial dan sikap empati terhadap situasi dan kondisi hari ini yang masih dalam suasan Pandemik Covi-19, namun rasa bangga dan apresiasi BEM KEMA mampu melahirkan inovasi program yang baru pada tahun ini melalui kegiatan berbagi materi dan ilmu serta mengajak anak-anak warga belajar pendidikan kesetaraan setara SD Islam Terpadu PKBM Ash-Shoddiq untuk senantiasa belajar sambil bermain di tengah situasi Covid-19. Akhirnya beliau menyampaikan selamat Dies Natalis ke-65 semoga Penmas UPI semakin jaya dan sesuai dengan motto Dies “65 Tahun Penmas Hadir Sebagai Cahaya Pendidikan Masyarakat”InsyaAalloh. Semoga Hadirnya Social Project ini Semoga melalui kegiatan ini dapat terjalin kemitraan yang lebih erat lagi dalam mengimplementasikan keilmuan pendidikan masyarakat”(Kontributor FIP UPI, Dadang Yunus Lutfiansyah, M.Pd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *