Berita Informasi

Disperindag Kabupaten Buton Utara Kunjungi Gerai UMKM KBB

Kabupaten Bandung Barat – Gerai UMKM Kabupaten Bandung Barat yang berlokasi di jalan Sesko AU No. 02 Lembang, merupakan salah satu sarana promosi dari produk UMKM di KBB mendapatkan kunjungan dari rombongan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Buton Utara Sulawesi Tenggara, yang dipimpin oleh Ibu Linda (Kepala Bidang Perindustian) dan dipandu oleh Lukcita Yogaswara atau kang Uki (penggiat UMKM Jabar) pada hari senin, 09 Maret 2020.
Selain mengunjungi Gerai, rombongan juga telah mengunjugi salah seorang pengrajin bambu di daerah Cisarua KBB yaitu Dian Setiawan (Bamboe Art Indonesia),
Menurut Bu Linda kunjungan ini merupakan study banding mengenai produk-Produk UMKM/IKM, menurutnya produk-produk UMKM/IKM di Bandung Barat sangat luar biasa, unik, kreatif dan inovatif sehingga punya nilai jual yang tinggi sangat jauh berbeda dengan produk-Produk UMKM/IKM di Kabupaten Buton Utara, karena menurutnya disana masih sangat sederhana belum diolah dengang baik.
Selain itu dari hasil kunjungan ini Disperindag Kab. Buton Utara berniat akan melaksanakan pelatihan kerajinan bambu di Kab. Buton Utara pada tanggal 22-25 Maret 2020, yang Insya Allah kan mendatangkan Kang Dian dan Kang Uki untuk menjadi narasumber. Dan setelah mengadakan pelatihan disana Disperindag Kabupaten Buton Utara mengagendakan kembali untuk mengunjungi gerai dan para pelaku UMKM/IKM di KBB dengan membawa serta para pelaku UMKM/IKM dari Buton Utara.

Menurut Prana Ajisasdara selaku ketua Forum UMKM Kab. Bandung Barat kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena ini membuktikan bahwa produk-produk UMKM/IKM di KBB sudah lebih baik sehingga layak untuk dijadikan bahan studi banding bagi daerah-daerah lain di Indonesia, apalagi salah pelaku usaha dari Bandung Barat diundang ke sana untuk dijadikan narasumber.
Sedangkan menurut Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM Kab. Bandung Barat Dra. Wewen Surwenda, MM. yang saat itu berada di Gerai UMKM KBB sedang melakukan pembahasan mengenai perkembangan dan pengelolaan Gerai UMKM KBB bersama para tokoh tokoh pelaku usaha KBB seperti Kang Atoh (Bronis Susu Lembang), Agus Hidayat (Saung Lele padalarang), Imam Sarjono (Azzahra Hijab), Wahid (Padatala Shoe) dan Prana A. (Ket. Forum UMKM) serta Andri (pengelola gerai), keberadaan Gerai UMKM yang didirikan dan difasilitasi oleh Diskop UKM KBB sejak tahun 2017 diharapkan mampu menjadi sarana promosi dan penjualan bagi produk-produk UMKM/IKM di KBB, meskipun sampai saat ini belum maksimal sesuai harapan dan masih harus terus dibenahi dari berbagai sisi seperti : manajemen dan promosi gerai itu sendiri.
Sementara Dani Hamdani, SE. (Founder Kawan Plesir Tour & Travel) berpendapat agar gerai lebih ramai dikunjungi selain meningkatkan promosi harus dicoba bekerjasama dengan para pelaku tour guide, travel dan Himpunan Peramu Wisata Indonesia (HPI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *