Berita

ISLAMIC FESTIVAL BOOK FAIR 2017

Diikuti tidak kurang dari 83 peserta yang terdiri dari penerbit buku, yayasan pesantren dan lembaga pendidikan umum, pameran buku yang diselenggarakan oleh IKAPI dan ICMI Jabar kali ini juga dimeriahkan oleh beberapa stand kuliner dan fashion.

Sumbodo sebagai wakil ketua panitia penyelenggara menjelaskan, “ Di samping pameran buku juga diramaikan dengan tabligh akbar, lomba menulis story telling dan seminar parenting.” ujarnya. Sumbodo kemudian memaparkan terkait minat membaca saat ini, bahwa menurutnya, “Peran buku saat ini bukan masalah tersaingi oleh fenomena medsos dan trend digitalisasi media, tetapi waktu membaca yang berkurang. Buku sendiri masih menjadi pilihan yang bagus karena buku lebih enak dan nyaman untuk dibaca, karena buku digital ketika telah dibeli banyak yang tidak di-download.” Bagaimana masalah keprihatinan generasi muda terhadap minat membaca, Sumbodo menjelaskan, “ Buku bisa dikenalkan sejak dini kepada generasi muda.” Beliau berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan pameran buku kali ini, karena dengan membaca bisa meningkatkan kecerdasan masyarakat itu sendiri.

Ir. H. Rudi Rakian sebagai Ketua Pelaksana Pameran Buku menyampaikan inti dari pameran buku kali ini mengambil tema ‘Mencerahkan Peradaban Islam di Jawa Barat’. Masih menurut beliau peradaban Islam di Jawa Barat sendiri cukup dinamis dan masih luar biasa. Masyarakat Islam di Jawa Barat sendiri masih menjunjung tinggi nilai-nilai etika dari Islam itu sendiri, dan berharap masih bisa dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. Salah satunya menyangkut Pilkada di Jawa Barat beliau menyampaikan akan diselenggarakan dialog calon pemimpin Jawa Barat di dalam event pameran buku kali ini. Terakhir beliau mengungkapkan, “Membaca bisa menjadi filter untuk berita hoax.” Keprihatinan beliau terhadap berita hoax tidak terlepas keengganan masyarakat lebih membuka wawasan dengan membaca dari sumber yang terpercaya.

 

Pameran buku yang bertema “ISLAMIC FESTIVAL BOOK FAIR”. Terselenggara atas kerjasama IKAPI dan ICMI Jabar dengan MT Pusdai dan GMI (Gerakan Muslimat Indonesia ), dimulai dari tanggal 23 November 2017 hingga 30 November 2017, bertempat di Bale asri Masjid PUSDAI Jabar Jl. Dipenogoro 63 Bandung.  Untuk masyarakat kota Bandung dan sekitarnya bisa langsung datang ke pameran buku tanpa dipungut biaya, selain banyak acara-acara bermanfaat juga banyak penerbit dan toko buku yang menyediakan diskon buku ataupun obral buku yang sangat menarik.

Contributor : Mang Dani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *