Bandung Berita

Jembatan Cibuni Terancam Putus Akibat Jalan Ambrol

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Kondisi jembatan Cibuni yang membentang di dua kecamatan di Cianjur selatan, Jawa Barat, terancam putus karena ambrolnya landasan jalan penghubung utama itu, terus meluas, sehingga dipasang garis polisi.

“Jembatan tersebut merupakan jalur utama yang menghubungkan dua kecamatan di Cianjur selatan, saat ini hanya dapat dilalui kendaraan roda dua dan pengguna jalan diimbau waspada saat melintas,” kata Kapolsek Kadupandak AKP Tio, saat dihubungi, Kamis (23/11).

Dia menjelaskan, pergerakan tanah di bagian bawah jembatan terus meluas seiring hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan tersebut, sehingga menyebabkan ambrolnya landasan jembatan terus meluas dan hanya menyisakan beberapa meter yang dapat dilalui kendaraan roda dua.

Bahkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pihaknya memasang garis polisi dan menempatkan anggota dibantu warga beberapa meter dari lokasi ambrolnya jalan, untuk mengatur arus lalu lintas yang cukup padat sejak pagi hingga sore menjelang.

“Ambrolnya jalan tersebut sudah dilaporkan ke pemkab melalui aparat kecamatan, namun hingga saat ini, belum ada tindakan dari dinas terkait. Harapan kami jembatan tersebut segera diperbaiki karena merupakan akses utama warga untuk beraktifitas termasuk aktifitas perekonomian,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Cianjur, Dedi Supriyadi, mengatakan, pihaknya segera memasang besi WM untuk menutup landasan jalan yang ambrol beberapa meter sebelum jembatan Cibuni. Sehingga tidak menggunakan kayu untuk sementara karena rentan untuk dilalui kendaraan.

Dia menjelaskan, ambrolnya jalan tersebut akibat labilnya tebing penyangga di bagian bawah jembatan yang terkikis air sungai yang cukup deras sejak beberapa pekan terakhir. Sehingga pihaknya akan memasang batu di bagian bawah tebing untuk menahan tidak terjadinya longsor.

“Kita akan memasang besi WN untuk sementara agar jalan tersebut dapat dilalui kendaraan. Untuk perbaikan akan dilakukan secepatnya dalam waktu dekat. Bukan jembatan yang ambrol namun landasan jalan beberapa meter dari jembatan. Harapan kami dalam waktu dekat sudah diperbaiki,” katanya.

Seperti diberitakan jalan penghubung antarkecamatan yang membentang di Kecamatan Kadupandak, Cianjur, tepatnya beberapa meter dari jembatan Cibuni di Kecamatan Kadupandak, ambrol sebagian.

Akibatnya pengguna jalan yang hendak melintas di jalur utama antara kecamatan Kadupandak dan Cijati itu, diimbau untuk waspada dan berhati-hati terutama ketika hujan turun deras.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *