Bandung halal point Resto & Cafe

Kafe Makkah, Kafe Dengan Nuansa Simpel & Modern

Info Halal LPPOM MUI

Perusahaan : Kafe Makkah
No. Sertifikat : –
Masa Berlaku : –

Satu lagi yang membuat kota Bandung berbeda, khususnya di wilayah Bandung Timur. Jika anda melancong ke wilayah Bandung Timur dan sekitarnya, anda dapat melirik sebuah kafe yang tak jauh dari Bunderan Cibiru, yaitu Kafe Makkah. Kafe yang berjarak 100 meter di sebelah kiri dari kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan tepat di seberang Alfamart Cibiru ini telah beroperasi sekitar 2 tahun lebih tepatnya di . Sejak dibangun pada tahun 2015, kafe Makkah dikelola oleh beberapa alumnus perguruan tinggi di Mesir. Awal mula kafe ini berdiri atas dasar misi pesantren bisnis, dimana para alumnus tersebut ingin membuka bisnis yang berbasis islami.

Sesuai dengan misi untuk membangun bisnis berbasis islami, kafe di desain dengan nuansa simpel modern dengan pelengkap live acoustic. Pengunjung yang ingin menyumbangkan lagu dipersilahkan secara gratis untuk menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak manajemen kafe.

“Kita sengaja dari awal kafe ini dibangun ada live acoustic. Tapi tentunya dengan musik yang postif. Nggak harus salawatan juga, yang penting enak didengar dan tidak menganggu pengunjung lain,” ujar Manajer Marketing Awang Anwar saat diwawancarai, Kamis (7/9/2017).

Awang menambahkan bahwa selain fasilitas live acoustic, terdapat ruang serba guna juga yang biasanya digunakan sebagai ruang rapat, mushola maupun ruang workshop. Jadi, anda yang datang dari jauh tidak usah khwatir jika adzan telah bekumandang, karena Kafe Makkah menyediakan mushola untuk sholat serta toilet untuk para pengunjung yang datang. Namun, alangkah lebih baik jika untuk para ukhti tentunya membawa mukenanya sendiri, karena pihak kafe belum menyediakan fasilitas tersebut.

Kafe Makkah menyediakan berbagai menu, dimulai dari masakan tradisional hingga ketimuran. Menu masakan tradisional diantaranya yaitu nasi goreng, ayam gorowok, baso cinta dan lain sebagainya. Untuk menu ketimuran yaitu burger hajar aswad, bubur sorgum dan kebab dengan kisaran harga mulai dari Rp. 5000,- hingga Rp. 20.000,-. Lalu untuk menu minuman sendiri, pihak kafe menyediakan kopi arab, moccacino, vanilla late, greentea, cappucinno, ice cream, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan untuk menu minuman berkisar mulai Rp. 6000,- hingga Rp. 15.000,-. Harga yang sangat ramah bagi kantong mahasiswa tentunya.

Beranjak dari soal menu, ternyata Kafe Makkah menawarkan jasa travel haji plus dan umroh. Tiap bulan tercatat jemaah umroh yang diberangkatkan sekitar 30 hingga 70 orang ke tanah suci, Mekkah. Begitu pula untuk jemaah haji bisa berkali-kali lipat jumlahnya melebihi peserta umroh. selain menawarkan jasa travel dan haji, kafe Makkah juga kerap mengadakan pengajian rutin di minggu pertama tiap bulannya. Selain itu ada pelatihan dan pengajaran tentang bahasa arab, terjemahan hadist, pelatihan manasik qolbu  dan pelatihan agribisnis yang dipimpin oleh pemilik kafe dan juga pengelolanya.

Satu hal yang harus anda ketahui bahwa Kafe Makkah merupakan salah satu cabang induk perusahaan Spidest Manajemen yang bergerak dalam bidang bisnis berbasis islami. Salah satu bentuk pengembangannya yaitu memiliki perkebunan yang dinamai Berkah Alam. Perkebunan ini memberdayakan petani lokal untuk menanam tanaman sorgum organik yang didatangkan dari negri jazirah arab. Tanaman ini lah yang digunakan dalam mengolah bubur sorgum dan disajikan sebagai menu andalan baru di Kafe Makkah. Tanaman ini juga sebagai pangan alternatif pengganti nasi yang tinggi kandungan karbohidrat dan serat yang sering disajikan untuk peserta haji serta umroh.

Selain tanaman sorgum, perkebunan Berkah Alam juga menanam tanaman cabai organik yang juga diolah menjadi sambal dan didistribusikan dalam kemasan kaleng. Harga 1 kaleng cabai olahan ini ditarif sekitar Rp. 25.000,- yang mana telah bersertifikat halal serta tersebar ke negeri Arab dan juga Malaysia. Cabai olahan ini dinamakan Sambal Zaitun. Hmm, dijamin akan menggugah selera bagi anda penyuka makanan pedas.

Yuk tunggu apalagi? Ibarat sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Berikut adalah peta lokasi Kafe Makkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *