Bandung Destinasi Wisata halal point

Kampung Buyut Cipageran Lebih Dikenal Dengan Nama “KABUCI”

Berlokasi di Jl. Kolonel Masturi KM.3, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40511, Lebih dikenal dengan nama “KABUCI” salah satu tempat/destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh anda yang hendak berlibur ke tempat dengan suasana alam yang sejuk dan tentram jauh dari hingar bingar perkotaan karena posisinya berada di perbukitan dengan nuansa kearifan lokal yang sangat indah.

sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul dengan teman (untuk acara reuni) atau kumpul bersama keluarga. Di dalam tempat ini, terdapat saung-saung biasa dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi pengunjung. Di sekeliling tempat ini terdapat banyak pepohonan yang berdiri rimbun. Tak heran jika tempat ini memiliki udara yang cukup sejuk. Ragam kegiatan di alam bebas bisa dilakukan di sini, seperti outbond, camping, olah raga memanah(panahan), dan lain-lain.

Sebagai destinasi wisata edukasi, pengunjung bisa mencoba belajar membajak sawah, memanen sayuran, atau menikmati kopi asli yang ditanam di kabuci. Beberapa fasilitas lainnya yang ada di sini terbilang lengkap dengan parkiran yang luas, restoran, saung-saung dan lapangan untuk kegiatan berkumpul dengan kuantitas pengunjung yang banyak/berkelompok. Luas kabuci sekitar 2,5 hektare dengan beberapa bangunan yang terbuat dari bambu.

Sebelum tahun 2011 kabuci hanyalah lahan perkebunan biasa, dikembangkan oleh keluarga besar pemilik lahan kabuci agar lebih bermanfaat pada tahun 2015 agar lokasi ini dikembangkan. Dalam artian konsepnya lebih ke umum, meski tidak melepaskan unsur kebudayaannya.
Bahkan nama lokasipun berubah jadi Kampung Buyut Cipageran (Kabuci). Dimana nama buyut tidak dihilangkan karena ini tanah leluhur (buyut). Adapun konsep kabuci lebih ke pelestarian alam, seni budaya dan wisata edukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *