Informasi

Kelompok Usaha Ekonomi Perempuan Mendapatkan Pendampingan Dari Tim Pengabdian Masyarakat PKPWPA UPI

Pendampingan kepada kelompok usaha ekonomi perempuan di lingkungan Rumah Pintar Al Barokah Een Sukaesih, Sumedang ini dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat PKPWPA Universitas Pendidikan Indonesia, yang dimotori oleh Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si dan Dr. Lilis Widaningsih, M.T.
Pengabdian Pengembangan Desa Binaan Berbasiskan Kemitraan ini dilaksanakan di Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang sebagai bentuk komitmen Universitas Pendidikan Indonesia untuk menjadikan wilayah ini sebagai desa binaan. Pendampingan yang dilakukan UPI terhadap aktivitas pembelajaran dan kegiatan masyarakat yang selama ini dijalankan Ibu Een Sukaesih, yaitu melalui Rumah Pintar Al Barokah, telah memberikan dampak yang positif bagi masyarakat bukan saja di wilayah Cibeureum Wetan tapi masyarakat lainnya di Kabupaten Sumedang. Kegiatan makin berkembang terutama setelah tim UPI memberikan bantuan dan pendampingan pembangunan Rumah Pintar Al Barokah yang menjadi pusat kegiatan belajar anak-anak dan masyarakat. Keberlanjutan program terlebih sepeninggalnya Bu Een Sukaesih masih sangat diperlukan untuk lebih mengembangkan dan menjadikan Desa Cibeureum Wetan sebagai desa percontohan yang mandiri dalam berbagai aspek.
Dari hasil pendampingan yang dilakukan terhadap masyarakat Batu Karut pada tahun 2013-2016 dengan berbagai kegiatan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, diperlukan upaya lanjutan pada aspek peningkatan kegiatan usaha masyarakat yang selama ini masih belum berkembang. Target dalam pengabdian ini adalah memberikan penguatan pada ekonomi produktif perempuan yang masih membutuhkan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat khususnya melalui penguatan dalam system marketing online serta pelatihan untuk mendukung kelompok usaha ekonomi produktif perempuan. Menurut Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si, Berdasarkan hasil kajian selama ini dan analisis yang dilakukan, salah satu program yang paling mendasar yang harus dikembangkan di linkungan Rumah Pintar Al Barokah, dusun batu karut, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat, adalah program ekonomi produktif perempuan untuk menghasilkan efektivitas dan efisiensi untuk kesejahteraan masyarakat Desa Cibeureum Wetan. Program pemberdayaan perempuan dengan memberikan pembekalan keterampilan dan motivasi serta dukungan baik modal maupun akses pemasaran, akan memberikan keberdayaan dan kepercayaan diri masyarakat untuk membangun kesejahteraan di masyarakat yang lebih luas.
Untuk itu, maka program tahun ini menekankan pada penguatan dalam sisi pemasaran dari produk produk olahan makanan. Pengembangan usaha ekonomi kreatif melalui produk olahan makanan, berdasarkan potensi alam perikanan yaitu kere mujaer, dan juga makanan idola remaja yaitu cilok, yang diproduksi oleh masyarakat sekitar yaitu ibu ibu dan remaja disekitar Rumah Pintar Al Barokah Een Sukaesih, dalam proses perencanaan, pelaksanaan sampai pemasarannya, didampingi oleh tim UPI. Pemasaran dikembangkan menggunakan media online dan menggunakan berbagai media sosial dan jejaring, untuk mempromosikan produk khas tersebut.
Program pengabdian dari UPI sangat disambut oleh Pihak Yayasan Rumah Pintar Al Barokah yang dipimpin oleh Bapak Mahdi, serta didukung pengurus yayasan, Bu Nita Fauziah, Bu Ade Lilis, Pa Muhtar, Bu Tati dan Tutor Sebaya yang terdiri dari remaja di sekitar lingkungan sekitar dusun Batu Karut, Desa Ciberureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *