Destinasi Halal Destinasi Wisata halal point Internasional

Kulineran di Kampong Glam Bisa Cicip Nasi Ambeng Melayu Sampai Wine ‘Halal’

Singapura – Kampong Glam punya banyak pilihan tempat makan halal. Foodies bisa cicip aneka makanan Melayu sampai hidangan pub ala Jepang yang halal. Seru!

Kampong Glam jadi salah satu spot menarik di Singapura. Wilayah ini dikenal sebagai wilayah Muslim di negeri Singa dengan Masjid Sultan sebagai ikon utama.

Saat bulan Ramadan, Kampong Glam semakin hidup karena hadirnya pasar malam. Aneka santapan buka puasa dijual di sini menjelang maghrib tiba.

Menyusuri Kampong Glam di Singapura

Sisi kanan dan kiri Kampong Glam juga dipadati restoran dan kafe. Jenis makanannya amat beragam seperti makanan Turki, Indonesia, Arab, Jepang hingga Meksiko.

Tak perlu ragu soal kehalalan, rata-rata restoran dan kafe di Kampong Glam sudah bersertifikat halal. Biasanya mereka memajang sertifikat 100% Muslim Owned Establishment di pintu atau dindingnya.

Sertifikat itu menandakan semua menu di tempat makan dibuat dari bahan-bahan halal. Plus, setidaknya ada 1 pegawai Muslim didalamnya.

Berikut 5 restoran dan kafe yang patut disambangi saat kamu mengunjungi Kampong Glam:

1. Hjh. Maimunah

 

Kangen masakan Padang atau Melayu? Di Kampong Glam ada banyak restoran yang menyediakannya. Salah satunya Hjh. Maimunah di Jalan Pisang. Restoran ini masuk dalam daftar Bib Gourmand Michelin Guide Singapura tahun 2016. Didirikan tahun 1990-an oleh Hajjah Maimunah, restoran ini punya lebih dari 40 pilihan lauk yang disajikan dalam sistem prasmanan.

Mulai dari paru balado, ikan asam manis, pari asam pedas, lemak siput sedut, rendang, ayam bakar, ikan bakar, ayam masak merah, tahu telur, kari ayam, dan perkedel. Yang patut dicicip di sini adalah paru balado dan tahu telur. Untuk menu andalannya tersedia Siput Sedut yang tak lain adalah siput Belitung yang dimasak dengan bumbu gulai kuning.

2. Mamanda

Kalau mau menyantap hidangan Melayu dengan nilai historis, mampirlah ke Mamanda. Restoran di Jalan Sultan Gate ini menempati bangunan bersejarah tahun 1920. Menu andalannya berupa hidangan Melayu atau Malaysia.

Mulai dari nasi ambeng, nasi tumpeng dan hidangan istimewa seperti ayam rendang, ayam bakar daun pisang, daging rendang, assam pedas dan ikan lemak chili padi. Nasi ambeng, misalnya, bisa dimakan beramai-ramai. Lauknya ada perkedel, serundeng, urap, ikan asin goreng, sambal udang, paru, rendang sampai ayam masak lemak!

3. Hararu Izakaya

Izakaya adalah pub dalam bahasa Jepang. Jika biasanya sajian pub tidak halal, di sini semuanya halal. Termasuk wine dan bir-nya yang didatangkan dari Jerman. Terlihat pada logo halal tertulis “Halal Certificate IIDC”. Menurut sang pemilik, wine dan bir diproses sedemikian rupa hingga aroma dan tampilannya mirip minuman aslinya, hanya saja tanpa kandungan alkohol. Karenanya sang pemilik lebih memilih menyebut wine dengan sebutan ‘minuman anggur.’

Minuman anggur ini terdiri dari 3 jenis yang mirip red wine, white wine dan cabernet sauvignon. Untuk interiornya, Hararu Izakaya menulis nama “Allah” di dindingnya menggunakan huruf Jepang. Ada juga tulisan assalamualaikum yang terpajang di dinding dekat pintu masuk. Kalau ke sini pastikan cicip gyu nitsuke dan unagi kabayaki yang lembut juicy. Hararu Izakaya berlokasi di Jalan Bussorah.

4. All Things Delicious

Mau menyantap aneka cake? Mampirlah ke All Things Delicious di Jalan Arab. Bakery ini terkenal dengan aneka cake, pastry dan dessert yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami dan tentu saja halal. Ada sea salt caramel brownies, cheesecake brownies hingga sticky toffee pudding yang menggoda selera.

Pilihan lainnya termasuk menu All Day Breakfast, lunch, aneka pasta dan camilan. Kalau suka smoothie bowl, pastikan mencicip paduan Greek honey yogurt, granola, berry compote dan buah segar di sini. Rasa asamnya segar dan pas untuk mengisi perut di pagi hari.

“Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar bersantap, dan jadilah Pecinta Makanan.”

Sumber: food.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *