Bandung halal point Masjid/Mushola

MASJID RAYA JAWA BARAT

Masjid Raya Bandung yang kini berganti nama menjadi Masjid Raya Jawa Barat memiliki sejarah yang menarik, didirikan pertama kali pada tahun 1812. Masjid Raya Jawa Barat dibangun bersamaan dengan dipindahkannya pusat kota Bandung dari Krapyak, sekitar sepuluh kilometer selatan kota Bandung ke pusat kota sekarang. Masjid ini pada awalnya dibangun dengan bentuk bangunan panggung tradisional yang sederhana, bertiang kayu, berdinding anyaman bambu, beratap rumbia dan dilengkapi sebuah kolam besar sebagai tempat mengambil air wudhlu. Air kolam ini berfungsi juga sebagai sumber air untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di daerah Alun-Alun Bandung pada tahun 1825.

Setahun setelah kebakaran, pada tahun 1826 dilakukan perombakkan terhadap bangunan masjid dengan mengganti dinding bilik bambu serta atapnya dengan bahan dari kayu. Perombakan dilakukan lagi tahun 1850 seiring pembangunan Jalan Groote Postweg (kini Jalan Asia Afrika). Masjid kecil tersebut mengalami perombakkan dan perluasan atas instruksi Bupati R.A Wiranatakusumah IV atap masjid diganti dengan genteng sedangkan didingnya diganti dengan tembok batu-bata. Dikutip dari id.wikipedia.org.

lokasinya tepat berada di tengah kota bandung tepatnya di Alun-alun Bandung dekat ruas Jalan Asia-Afrika, serta sebuah jalan yang sangat bersejarah di kota kembang yaitu jalan Braga dan tentunya pusat perbelanjaan tertua dan termurah di kota bandung yaitu Pasar Baru Trade Center. Setelah mengalami beberapa perombakan, Model Bangunan Masjid Raya Jawa Barat tampak sekarang ini memang sangat khas dan megah dari sisi arsitekturnya. Tempatnya selalu ramai dikunjungi oleh umat muslim setiap hari, baik yang mau melaksanakan ibadah sholat 5 waktu atau menghadiri berbagai acara kajian islam dan yang lainnya, baik warga bandung maupun wisatawan.

Fasilitas yang ada di masjid agung yaitu tempat wudhu dan wc VVIP, kamar mandi/ umum, sound system dan multimedia, penyejuk udara/AC, ruang sekretariat, ruang keuangan, perpustakaan, koperasi, mobil ambulance, perlengkapan pengurusan jenazah, tempat peminjaman mukena, tempat penitipan sepatu/sandal, gudang, taman, parkir. Luas tanah di masjid agung yaitu 23.448  sedangkan luas bangunan nya yaitu 8.575 . Daya tampung maksimal di masjid agung kurang lebih 12.412 orang jemaah. Untuk jemaah pria beribadah di lantai 1 sedangkan untuk jemaah wanita di lantai 2.

Berikut Peta Lokasi Masjid Raya Jawa Barat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *