Berita

Mengerikan, Berton-ton Daging Sapi yang Beredar Belum Tentu Halal

Sekitar 5.600 atau hanya 20 persen dari total 7.000 kilogram daging sapi/lembu yang saban hari beredar di pasar tradisional Kota Medan diduga belum terjamin kehigienisannya.

Tak hanya soal higienis, Pemko Medan melalui Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) tak dapat menjamin halalnya daging-daging sapi yang beredar di pasar basah (tradisional).

“Dalam sehari kebutuhan daging sapi mencapai 50 hingga 70 ekor, dan hanya 13 ekor berasal dari RPH Mabar. Artinya, banyak sapi yang dipotong di RPH swasta tak bersertifikat halal. Jadi, saya menduga 80 persen daging tidak higienis beredar setiap hari,” ujar Direktur PD RPH Medan Isfan Fachruddin, saat diwawancarai di sebuah kafe kawasan Jalan Ringroad, Medan, belum lama ini.

Informasi yang dihimpun hanya PD RPH Medan yang mengantongi sertifikat halal dari majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sedangkan, puluhan hingga ratusan rumah potong hewan yang tersebar di kawasan Deliserdang, Binjai dan Tanah Karo, diduga belum memiliki sertifikat halal MUI.

Simak videonya:

Selain itu, kata dia, cuma dua hingga tiga pengusaha daging sapi yang mempercayakan proses pemotongan di RPH Mabar.

“Rumah potong hewan yang tersebar di kawasan pinggiran Kota Medan semakin jaya karena harga potongnya yang murah,” ujar Isfan.

Ia mengatakan, adapun daging beku asal India yang marak beredar sekarang yang dibolehkan harus daging kerbau, bukan lembu atau sapi.

Alasannya, di India masyarakat di sana tidak mengonsumsi daging sapi dan dibiarkan beredar tanpa diternak secara baik.

“Daging dari India adalah daging kerbau bukan lembu, karena lembu tidak dikonsumsi orang India. Jadi, mereka biarkan lembu beredar bebas, tidak dipelihara,” ujarnya

Ia mengatakan, daging kerbau beku asal India memang sudah bebas beredar, tapi proses pemasarannya diserahkan ke Bulog. Karena itu, bila ada pihak swasta yang memasarkan daging beku asal India patut dipertanyakan.

Sumber: medan.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *