Destinasi Halal Destinasi Wisata Informasi

Menikmati Serunya Berwisata Halal Keliling Taiwan

TAIPEI – Taiwan atau juga dikenal Formosa yang berasal dari bahasa Portugis yang berarti “Pulau Yang Indah” ini terletak di Asia Timur sebelah pantai China Daratan dan merupakan sebuah negara pecahan dari Republik Rakyat China. Seiring dengan pembangunan ekonominya yang berkembang pesat, Taiwan kini menggencarkan pengembangan di sektor pariwisatanya dengan menawarkan wisata halal yang diperuntukkan untuk umat muslim.

Bekerja sama dengan Taiwan Tourism Bureau dan China Airlines, PT Trust Consulting Group (TCG) mengadakan ‘Famtrip’ ke Taiwan yang diikuti oleh Komunitas Melancong Halal. Taiwan yang kini menjadi tujuan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mencari penghasilan, menjadikan Indonesia sebagai pasar pariwisata Taiwan.

Salah satu pendukung dari sektor pariwisata yang kini digencarkan oleh pemerintah Taiwan adalah mempermudah wisatawan muslim untuk mendapatkan restoran yang menyediakan makanan berlabel halal. Bekerjasama dengan Chinese Association Taiwan yang berpusat di Masjid Grand Taipei, pemerintah dapat meregulasikan restoran dan hotel yang bisa memiliki label Muslim Friendly Tourism. Masjid Grand Taipei sendiri merupakan destinasi wisata rohani yang diminati oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Taipei karena Taipei Grand Masque atau sering disebut Masjid Agung Taipei merupakan mesjid terbesar di Taiwan.

Terletak di distrik Daan, Kota Taipei, mesjid ini merupakan bangunan Islam terpenting di Taiwan dan dicatat sebagai landmark bersejarah pada tanggal 26 Juni 1999 oleh pemerintahan kota Taipei. Tidak hanya memiliki landmark bersejarah, Taiwan juga memiliki pesona keindahan alam yang dapat ditemui di Sun Moon lake atau Danau Matahari dan Bulan. Tidak puas rasanya kalau hanya menikmati  keindahan danau ini dari tepi jalan.

Pengunjung bisa menggunakan jasa kapal boat yang tersedia di dermaga. Selama mengelilingi Sun Moon Lake, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang berbeda ketika hanya menikmati Sun Moon Lake dari pinggiran saja. Setelah puas menikmati pesona keindahan Sun Moon Lake, kapal boat akan bersandar di dermaga Ita Thao yang merupakan pulau yang terdapat Sun Moon Lake.

Di pulau ini pengunjung dapat beristirahat sejenak sembari menikmati berbagai menu jajanan atau street food dan mencari buah tangan khas Sun Moon Lake. Sebagai catatan hanya penduduk asli Pulau Ita Thao yang hanya diperbolehkan pemerintah sebagai penyedia jasa kapal boat yang berada di Sun Moon Lake.

Selain menggunakan kapal boat untuk menikmati lebih dalam keindahan Sun Moon Lake pengunjung dapat menikmatinya melalui Xiangshang Tourist Information Center yang merupakan pusat informasi wisatawan Xiangshang yang dapat memberikan informasi mengenai wisata Sun Moon Lake. Tidak hanya Sun Moon Lake yang menawarkan keindahan alam, wisatawan dapat mengunjungi hamparan bunga dari berbagai jenis yang terdapat di Zhongshe Flower Market yang terletak di Kabupaten Taichung, Taiwan.

Taiwan juga memiliki Yehliu Geopark atau Taman Batu yang terletak di bagian Taiwan Utara yang terbentuk dari gugusan kapur yang berumur ribuan tahun dan memiliki berbagai bentuk rupa.

Usai menikmati keindahan alam dan destinasi wisata di Taiwan, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi sensasi kuliner halal yang berada di kota ini. Untuk mendapatkan sertifikat Muslim Friendly Tourism, pemilik restoran harus melaporkan usaha restorannya kepada pemerintah Taiwan dan selanjutnya akan dilakukan pengecekan langsung oleh pengurus Mesjid Agung Taipei yang berhak mengeluarkan sertifikat tersebut.

Kedai Pa Fan Ken Homestay yang terletak di Kabupaten Ruifang ini terletak di dekat lokasi wisata Jiufen Old Street. Restoran ini menyediakan menu seperti Ayam kari dan yang menjadi favorit adalah nasi uduk yang lengkap dengan sambal teri kacang dan kerupuknya.

Di Taiwan, warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam, terdapat salah satu  dari suku minorias resmi Republik rakyat China, yaitu Suku Uyghur. Suku ini merupakan keturunan dari suku Kuno Huihe yang tersebar di Asia tengah.

Di salah satu pojok wilayah Songshan, Taipei terdapat restoran yang menyediakan kuliner asli suku Uighur. Menu yang bisa kita temui disini seperti Stir Fried Meat yaitu berupa campuran buncis, kentang dan potongan daging dengan bumbu kari yang sudah kering dinikmati dengan roti gandum yang dipanggang.

Belum dikatakan pernah melancong ke Taiwan kalau wisatawan tidak mencicipi salah satu mi yang tidak hanya manjadi favorit umat muslim yang bermukim disana tapi juga menjadi pilihan warga Taipei sendiri yang non muslim. Halal Beef Noodle yang disajikan restoran halal Cing Jhen Jhong Guo ini memiliki tekstur mi yang kenyal dengan potongan daging yang berlimpang ditaburin daun bawang yang segar.

Cukup mudah menemukan restoran ini karena letaknya  yang cukup dekat dengan Sun Yat Sen Memorial Hall Station. Sejak dibuka pertama kalinya, restoran ini hanya menyajikan kuliner halal namun bisa dinikmati setiap orang.

Lokasi yang tidak boleh dilupakan untuk kita singgahi yaitu Shilin Market yang banyak menjual berbagai jajanan street food dan berbagai aksesoris yang biasanya dibeli oleh pelancong sebagai buah tangan dari Taipei. Untuk mencoba jajanan di Shilin Market, sebaiknya wisatawan muslim harus bertanya lebih detail agar nyaman untuk dikonsumsi.

(alv)
Sumber: lifesyle.sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *