Berita

Pasar BASF Alami Peningkatan Setelah Sertifikasi Halal

AKURAT.CO, Sejalan dengan meningkatnya industri halal di Indonesia, PT. Badische Anilin–und Soda-Fabrik (BASF) juga telah mengembangkan produknya dengan sertifikasi halal untuk memudahkan dan meningkatkan pemasaran.

“Untuk sertifikasi BASF sudah sejak 2015, jadi dengan sertifikasi halal ini diharapkan kami lebih mudah lagi memasarkan produk-produk kami ke industri,” jelas Head of Business Sebastian Rudi Atmajaya, Rabu (17/1).

Hal tersebut berkaitan dengan adanya Undang-Undang No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) diundangkan. Karena dengan ditetapkannya UU tersebut diharapkan dapat menjadi ‘Umbrella provisions’ dari semua Regulasi Halal yang ada sebelumnya.

“Memang benar Indonesia adalah negara dengan populasi mayoritas muslim, dan sudah ada regulasinya memang dari pemerintah. Yang dilakukan oleh BASF adalah mempersiapkan untuk membantu customer memenuhi regulasi itu,” jelasnya.

Sebagai perusahaan produksi kimia, BASF dalam sertifikasi halal mensuplai bahan utama pada industri pembuat produk personal care seperti perawatan tubuh atau kosmetik yang memang banyak diminta oleh customer.

“Permintaan customer semakin banyak, karena untuk kosmetik misalnya customer (industri pembuat kosmetik) kami, mereka akan lebih memilih yang memenuhi regulasi halal,” jelasnya.

Saat ini menurutnya, 4 pabrik BASF yang tersebar di Indonesia yaitu Cimanggis, Cikarang, Cengkareng, dan Merak hanya pabrik BASF Cimanggis yang seluruh produknya bersertifikasi halal. Beberapa yang diproduksi BASF adalah dispersion dan pigment.

“Untuk saat ini baru Cimanggis yang keseluruhan produknya halal, 3 pabrik lainnya baru sebagian yang halal, ” tuturnya.

Namun, jika ditanya berapa persen kenaikan dari pengaruh sertifikasi halal tersebut, Presiden Direktur PT. BASF Indonesia tak bisa menyebutkannya secara rinci, sebab produk yang dihasilakannya terlalu banyak dan hampir untuk semua sektor baik konstruksi, kesehatan, kecantikan dan lain-lain. []

Sumber: ekonomi.akurat.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *