Artikel Destinasi Wisata Event

Pengalaman Luar Biasa “Jelajah Kopi Kabupaten Bandung 2018”

VISIT HALAL – Sejuknya alam puntang ditambah kehangatan dan keramahan Bapak Eko sebagai Co-Founder Klasik Bean mengawali jelajah kami pada event Fam Trip Jelajah Kopi Bandung Selatan, dimana tempat pertama kali kopi kelas dunia diolah dan diproses sedemikian rupa hingga akhirnya tersaji dalam gelas dan tinggal kita nikmati. Klasik Bean adalah salah satu tempat dari sekian banyak pengolahan dan pertanian kopi yang ada di Kabupaten Bandung. Selain dari panorama keindahan alam maupun produk-produk ciri khas lainnya, kopi akan dijadikan salah satu produk unggulan dengan harapan akan banyak wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara yang akan mengunjungi destinasi wisata di sekitar wilayah Bandung selatan. Hal ini senada dengan harapan dan keinginan Bapak Drs. H. Agus Firman Zaini. M.si. sebagai Kepala Disparbud Kab. Bandung, yang beliau sampaikan dalam acara pembukaan maupun diskusi langsung pada event Fam Trip Jelajah Kopi Bandung Selatan.

Pengalaman yang luar biasa dirasakan oleh hampir seluruh peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi mulai dari media, pemilik café kopi, konsultan kepariwisataan, tour and travel agent hingga komunitas lainnya. Diawali dengan mengenal lebih dekat fasilitas apa saja yang ada di Gedong Budaya Sabilulungan, dilanjutkan ke tempat pengolahan dan perkebunan kopi Klasik Bean yang berada di Gunung Puntang Kecamatan Cimaung. Selain merasakan berbagai jenis dan varian kopi kitapun diajak untuk melestarikan alam dengan cara menanam bibit kopi di areal Perkebunan yang dikelola oleh Klasik Bean dengan melibatkan warga sekitar. Hal menarik lainnya adalah ketika kita bisa memahami bagaimana tanaman kopi yang ada disitu murni tidak menggunakan pestisida serta bahan kimia lainnya, ini menjadi daya Tarik sendiri dimana kita semua mengetahui jika makanan organic lebih sehat daripada yang dihasilkan dengan menggunakan bahan-bahan kimia, tidak kalah penting dan utama bagi ummat muslim adalah produk kopi dari Klasik Bean telah mendapatkan sertifikasi Halal dari BPPOM MUI. Perjalanan Hari itu diakhiri dengan mengunjungi waduk sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air yang telah menjadi salah satu ikon Pangalengan yaitu Situ Cileunca.

Hari berikutnya para peserta diajak ke sunrise point yang ada di Perkebubunan teh Cukul dengan menggunakan mobil offroad karena jalan yang dilalui masih berupa tanah dan bebatuan, keseruan berikutnya ketika kita dibawa menuju ke rumah dan tempat pemakaman K.A.R Bosscha yang dikenal sebagai pemilik perkebunan teh terbesar di Kabupaten Bandung dan wilayah lainnya. Pada perjalanan pulang ke titik point dimana awal kami berkumpul yaitu Hotel Sultan Raja Soreang, kami diajak mampir ke kopi Gunung Tilu dan cafe Dahan Kopi di Soreang.

Jelajah Kopi Bandung Selatan tanggal 24 – 26 Maret 2018 merupakan event yang pertama kali diadakan olen Disparbud Kab. Bandung dengan melibatkan seluruh unsur berbagai komunitas, ditunjang oleh keberadaan Tol Saroja dan dukungan seluruh unsur masyarakat semoga saja ini merupakan langkah awal dari kebangkitan kepariwisataan Kabupaten Bandung.

 

Adm visit-halal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *