Berita

Sandiaga: Jakarta Menuju Destinasi Wisata Halal

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan Jakarta pada tahun 2020 bisa mencapai target sebagai destinasi wisata halal yang bisa bersaing dengan kota lainnya di Asia.

“Kita ingin pada 2020 Jakarta bisa mencapai target sebagai kota dengan destinasi dan wisata halal yang bisa bersaing. Kita juga targetkan satu juta global halal tourism bisa datang ke Jakarta untuk lima tahun ke depan,” kata Sandiaga saat meluncurkan Focus Group Discussion (FGD) Pariwisata Halal dan Destinasi Halal di Balai Kota DKI Jakarta, pada Rabu (7/3), seperti yang dilansir dari Antara.

Sandiaga lanjut mengatakan, eksistensi budaya Betawi yang telah ada akan dibalut dengan unsur halal, sehingga menarik lebih banyak turis sekaligus menciptakan lapangan kerja.

“Karena kita tidak ingin begitu pariwisata ‘booming’, lapangan kerjanya akhirnya tidak siap. Makanya kita menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah di sini dan forum pelajar dari beberapa universitas untuk menyiapkan SDM-nya,” ujar Sandiaga.

“Dengan tenaga kerja yang siap. Jadi kita tidak harus mengimpor tenaga kerja dari asing untuk pariwisata halal ini, begitu ‘booming’. Tapi kita sudah siapkan SDM,” lanjutnya.

Peraturan Gubernur (Pergub) terkait wisata halal sudah ditandatangani, namun perlu penyempurnaan lebih lanjut.

“Mulai dari pertama yang diatur destinasinya, insentif-insentif apa yang kita berikan. Juga kesiapan daripada SDM, kesiapan daripada regulasi -regulasi turunannya, SKPD mana saja yang bertanggung jawab. Pergub-nya mengatur itu sehingga kita lebih komprehensif untuk menggarap destinasi wisata halal,” kata Sandiaga.

Berbicara mengenai destinasi halal, Jakarta bukan satu-satunya kota di Indonesia yang mengimplementasikan konsep tersebut.

Sebelumnya, Banyuwangi, Padang, Aceh sudah lebih dulu melakukannya sejak beberapa tahun yang lalu.

Sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *