Artikel Berita Informasi

Serah Terima Buku “Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat”

Bandung – Pada tanggal 25 Juni 2019 yang bertempat di Gedung Convention Hall Trans Hotel Luxury Bandung telah diserahkan Buku Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat oleh Tim Penyusun yang diwakili Drs. H. Budhiana Kartawaijaya dan Pribadi Santoso Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat kepada Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil atau dikenal pula dengan sebutan RK. Acara serah terima tersebut bertepatan dengan gelaran “Launching Calender Of Events 2019” Smiling West Java Indonesia.
Dengan Diserahkannya buku panduan tersebut diharapkan Pariwasata Halal di Jawa Barat akan berkembang dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara baik bagi para pelancong muslim maupun non muslim, karena sejatinya wisata halal adalah sebagai Value Added dimana dengan adanya pariwisata halal diharapkan bisa lebih mengakomodir kebutuhan para wisatawan muslim.

“Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat Menganut prinsip inklusif dimana Pariwisata Halal harus memberikan kebermanfaatan tidak hanya untuk muslim tetapi juga untuk semua sehingga akan memperluas kemaslahatan bagi masyarakat. Selain itu, Pedoman Pariwaisata Halal Jawa Barat juga menganut prinsip bertahap dimana implementasi pariwisata halal dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan penyedia barang dan jasa pariwisata yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu :
Tahap 1 : Pariwisata Ramah Muslim (Need To Have)
Tahap 2 : Pariwisata Kondusif untuk Kebutuhan Muslim (Good To Have)
Tahap 3 : Pariwisata yang memenuhi Kaidah Islam (Nice To Have)
Pada akhirnya, kami berharap hadirnya Buku Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat akan menstimulus terciptanya berbagai inovasi dan kolaborasi nyata antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, dan Pemerintah Kabupaten dengan pelaku industri pariwisata serta penggiat Pariwisata Halal di Jawa Barat untuk bersama-sama mengembangkan Pariwisata Halal di Jawa Barat Secara terpadu.” Kutipan sambutan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, ST.,M.Ud dalam buku Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat.
Tim Penyusun Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat berasal dari beberapa tokoh, Pejabat Publik dan para ahli dibidangnya, dibentuk dan diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari :
Dr. H. Dedi Taufik, M.Si. Jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.
Imaduddin Sahabat Jabatan Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat
Drs. H. Budhiana Kartawijaya Jabatan Anggota Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jawa Barat.
Ir. Budi Faisal, MAUD, MLA., Ph.D Jabatan Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan ITB
Ir. Dina Sudjana Jabatan Ketua Harian Pusat Halal Salman ITB
Wisnu Rahtomo, S.Sos., MM. Jabatan Ketua Pusat Halal National Hotel Institute (NHI)
Dr. Zaenal Aripin, Ir., M.Si. Jabatan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat
Helmi Hidayat Jabatan Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Jawa Barat
Muhammad Hasanuddin, M.Ag. Jabatan a.n. Ketua Program Studi Ekonomi Syariah UIN Bandung Dan Sekretaris Umum MES Jawa Barat
Harry Maksum Jabatan Wakil Ketua Center For Islamic Economic Studies (CIES) Bandung
Sumaryadi, MM. Jabatan Anggota Pusat Halal NHI
Faisal Puksi. M,Sc Jabatan Anggota Pusat Halal NHI
Ilham Winoto Jabatan Asisten Analis Kantor Perwakilan BI Prov. Jawa Barat
M. Iwan Kurniawan Jabatan Pengurus Komunitas Visit Halal
Durul Imbarsyah Noviana Jabatan Pemilik Media dan Komunitas Visit-Halal.com

“Kami berharap Buku Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat yang telah disusun ini dapat menjadi rujukan utama untuk menyamakan persepsi mengenai kriteria wisata halal di Jawa Barat dapat dilakukan dan tepat sasaran. Kami mengucapkan terimakasih kepada tim perumus, Disparbud Jabar, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI), dan Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal-Kemenpar RI yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kita kemudahan unutk mendukung terwujudnya Visi Jawa Barat Juara Lahir Bathin dengan Inovasi dan Kolaborasi.” Sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Doni P. Joewono.
Pariwisata Halal adalah sebuah value chain yang diharapkan bisa memberi nilai lebih bagi kemajuan pariwisata di Jawa Barat menuju visi Provinsi Jawa Barat Juara Lahir Bathin.

DH – Penggiat Wisata Halal Jawa Barat dan Pengurus visit-halal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *