Berita

Tol Soroja Akhirnya Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Sebuah penantian panjang warga Kabupaten Bandung, akhirnya tol Soroja diresmikan. Dikutip dari laman Republika.co.id,  Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi meresmikan tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) sepanjang 10.57 KM di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12). Tol yang dibangun sejak 2015 lalu ini terdiri dari jalan utama dan akses gerbang menghubungkan Kabupaten Bandung ke Kota Bandung dan sekitarnya.”Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya serta sudah ditunggu lama sejak 1996. Ini sudah dikerjakan 2 tahun lebih,” ujar Presiden Jokowi disela-sela meninjau jalan tol Soroja, Senin (4/12).
Ia mengatakan keberadaan tol Soroja bisa memangkas waktu tempuh dari Bandung ke Kabupaten Bandung menjadi 12 menit. Dari sebelumnya melalui jalur arteri yang bisa mencapai 1,5 jam karena adanya kemacetan.
Menurutnya, di Kabupaten Bandung terdapat kawasan industri, wisata, pemerintahan dan olahraga. Ke depan, diharapkan sektor-sektor tersebut mobilitasnya akan semakin baik.
“Terutama ke wilayah wisata diharapkan akan lebih banyak wisatawan serta industri lebih efisien dan daya saing lebih baik,” ungkapnya. Katanya, Kabupaten Bandung harus bersiap mengalami percepatan diberbagai bidang.
Ia menambahkan, dengan adanya tol Soroja yang berdekatan dengan kawasan olahraga si Jalak Harupat bisa mendorong kebangkitan prestasi di Jabar. Selain itu, terdapat tempat wisata yang berpotensi dan bervariasi yaitu kebun teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar Pangalengan, Situ Latenggang dan Situ Cileunca dan sumber air panas di Ciwalini, Kawah Putih, rumah peninggalan boscha.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *