Berita Informasi

Tren Positif COVID-19 Meningkat, DPC HPI Cimahi dan Pelaku Wisata di Kota Cimahi lakukan SWAB Test

CIMAHI – Meningkatnya tren positif COVID-19 yang menyebabkan naiknya status wilayah Kota Cimahi menjadi zona merah, mendorong Pemerintah Kota Cimahi untuk mengadakan test COVID-19 secara Masif. Diantaranya adalah untuk seluruh pelaku pariwisata yang ada di Kota Cimahi.
Adapun test yang akan dilakukan adalah SWAB test yang dinilai lebih akurat dibandingkan dengan rapid test meskipun secara hasil akan lebih cepat keluar atau diketahui.Test ini dilaksanakan pada Jum’at, 20 November 2020 bertempat di GOR Sangkuriang, Cimahi.
Budi Raharja selaku Kepala Disbudparpora Kota Cimahi mengatakan test ini merupakan program dari pemerintah provinsi yang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan penularan pasca libur panjang yang terjadi pada akhir Oktober hingga awal November.
“Ini dilakukan untuk kenyamanan bersama, memberikan rasa aman kepada calon pengunjung dan menjaga lingkungan kerja yang tetap sehat dan baik untuk para pelaku wisata” ujar Budi menambahkan.
Selain itu, kemungkinan penyebaran yang tinggi di lokasi wisata menjadi alasan kuat untuk pihak terkait melakukan deteksi dini COVID-19 kepada orang-orang yang bekerja di bidang wisata, diantaranya adalah Karyawan Hotel, Karyawan Restoran, Karyawan Tour and Travel, Supir Travel, Pemandu Wisata, Karyawan Tempat Hiburan, Pengelola Destinasi Wisata.
“Tersedia 500 kuota yang kami siapkan, untuk seluruh pelaku wisata di Kota Cimahi ini. Yang semoga, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku wisata, karena kita juga tahu, jika melakukan test secara mandiri harganya cukup tinggi. Nantinya, hasil dari test ini akan langsung dikirim ke kontak masing-masing atau dapat dilihat langsung di aplikasi PIKOBAR” tambahnya.
Primas selaku ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Cimahi mengatakan menyambut baik program ini. “Ini program yang bagus, semoga hasilnya baik, banyak dari anggota kami juga yang ikut melakukan SWAB test ini untuk antisipasi dan penjagaan bersama” Ujar primas saat ditemui seusai melakukan test.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *