Berita

Unair Launching Halal Centernya yang Berteknologi Tinggi, Bisa Deteksi DNA Babi dalam Suatu Produk

SURABAYA – Pada Rabu (28/3/2018), Universitas Airlangga (Unair) Surabaya me-launching Halal Center atau Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal (PRPPH) di ruang aula Amerta lantai 4 kantor manajemen Kampus C.

“Halal Center Unair ini fungsinya sebagai pusat riset unggulannya Unair yang berkaitan dengan halal, kedua karena SDM-nya Unair yang berkualitas, maka Halal Center dijadikan lembaga pemeriksa halal yang handal,” ujar Ketua PRPPH Unair, Mustofa Helmi Effendi, Rabu (28/3/2018).

Nantinya PRPPH Unair akan memeriksa dan menguji kehalalan baik produk pangan atau kosmetik.

“Saat ini pun Unair sudah memiliki 35 orang calon auditor halal, 10 proyek riset dan pengembangan produk halal, dan konferensi internasional yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus,” ujar Mustofa Helmi Effendi.

Menurut Effendi, Halal Center Unair ini juga dilengkapi dengan laboratorium berteknologi tinggi.

Dalam hal ini, lembaga pemeriksa halal milik Unair dapat memeriksa kandungan yang ada pada suatu produk, apakah mengandung DNA babi atau tidak.

“Untuk itu kita jadikan lembaga pemeriksa halal yang handal untuk level nasional,” ujarnya.

Yang membedakan Halal Center yang dimiliki Unair dengan halal center yang lainnya adalah, Halal Center Unair menjadi LPH (lembaga pemeriksa halal).

“Ada halal center yang lain yang tidak bisa menjadi LPH, dia hanya sebagai pusat riset saja. Tapi kalau Unair sebagai pusat riset, sebagai LPH, dan pengembangan produk karena kita punya SDM,” pungkasnya.

Sumber: jatim.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *