Bandung Berita

Visit Halal Pada Kegiatan Majelis Ta’lim Pendopo Kota Bandung

VISIT-HALAL.COM BANDUNG, 20/11/2017. Pada hari Minggu 19 November 2017 Majelis Ta’lim Pendopo Kota Bandung menggandeng visit-halal.com untuk melaksanakan kegiatan pengajian rutin bulanan yang diadakan tepat di pendopo kota Bandung. Dengan mengambil tema “Jadilah Pahlawan dalam Keluarga” yang terinspirasi dari hari Pahlawan yang jatuh pada bulan November tepatnya pada tanggal 10 November.
Selain para veteran pejuang, pengajian bulanan inipun dihadiri oleh masyarakat umum yang datang bukan hanya dari kota bandung tetapi datang dari beberapa daerah sekitar kota Bandung, seperti dari Subang, Cimahi, Soreang , Padalarang dan daerah-daerah lainnya.

foto : fajar/visit-halal.com 
foto : fajar/visit-halal.com

Kegiatan pengajian sendiri dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan diawali melakukan senam pagi diikuti dengan pembukaan oleh MC dan pembacaan ayat suci Al-Quran, setelah itu Bp. Ridwan Kamil atau biasa disapa dengan kang Emil menyampaikan sambutannya, dilanjutkan pengenalan Visit-halal.com oleh Bp. M Iwan Kurniawan selaku CEO dari visit-halal.com. Pengajian sendiri diisi oleh tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Muchtar Cholid dan Ustadz Muhammad Kholilullah, akhir dari rangkaian acara ditutup oleh ibu Tjutju Sukaesih atau lebih dikenal dengan panggilan Mak Ci oleh masyarakat Kota Bandung . Mak Ci adalah Dosen Farmasi Fakultas Kedokteran dan Staff Ahli Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika MUI Jawa Barat, dalam kegiatan tersebut beliau menyampaikan pentingnya peran seorang ibu dalam menyajikan makanan halal kepada keluarga, Mak Ci mengutip ayat suci Aquran QS. ‘Abasa ayat ke 24
فَلْيَنْظُرِ الْاِنْسَانُ اِلٰى طَعَامِهٖۤ
Yang artinya : “Maka hendaklah manusia itu memerhatikan makanannya,” dalam penjelasannya beliau menyampaikan beberapa hal penting dalam ayat tersebut. Pertama perintah ayat tersebut ditujukan bukan hanya kepada ummat muslim saja tetapi seluruh “manusia” di muka bumi. Kedua pada kalimat “memerhatikan” pengertiannya adalah kita wajib juga memerhatikan bukan hanya makanan yang kita makan tetapi harus pula tahu asal usul cara kita memperoleh makanan tersebut, dimulai dari mana uang untuk membeli makanan tersebut jika kita harus membeli atau bagaimana cara kita memperoleh makanan tersebut, apakah mendapatkannya dengan cara halal atau tidak. Ketiga “makanannya” apakah makanan itu halal menurut hukum dan diolah secara baik atau tidak, prisipnya adalah makanan itu bukan sekedar halal dan thayyib tetapi dari awal apakah cara mendapatkannya harus dijaga pula sesuai dengan hukum syar’i. Dari awal Mak Ci menyampaikan Visit-halal.com diharapkan bisa menjadi rujukan warga Kota Bandung khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya dalam mendapatkan informasi direktori halal.

foto : fajar/visit-halal.com

Hal senada juga diungkapkan oleh Bapak KH. Muhammad Kholilullah, beliau menyampaikan “ bahwa Visit-halal.com bisa bermanfaat berawal dari warga Kota Bandung dan masyarakat Indonesia umumnya”.
Puncak acara pengajian Majelis Ta’lim Pendopo ditutup dengan pembagian doorprize dari sponsor, selain itu sebelum meninggalkan tempat karena disibukan dengan acara lainnya kang Emil mewakili Majelis Ta’lim Pendopo berkesempatan memberikan santunan kepada yatim piatu.

Rating: 5

One Reply to “Visit Halal Pada Kegiatan Majelis Ta’lim Pendopo Kota Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *